SEKILAS INFO
  • 3 tahun yang lalu / Infaq Rek. BSM. 713-998-9877 a.n Yayasan Visi Global Indonesia
WAKTU :

QURBAN DI MASJID AZ-ZUHDI 1444 H

Terbit 22 May 2023 | Oleh : arhamysn | Kategori : Uncategorized
QURBAN DI MASJID AZ-ZUHDI 1444 H

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Masjid & Pusat Belajar Al Qur’an Az-Zuhdi  terletak di Kp. Cipicung, Desa Mekarsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Masjid diresmikan dan mulai aktif digunakan pada hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2020/ 14 Rabiul Awwal 1442 H.

Masjid & Pusat Belajar Al Qur’an Az-Zuhdi adalah masjid yang aktif dan fokus dalam pembinaan keislaman bagi masyarakat sekitar serta pengajaran Al Qur’an mulai yang dari nol hingga menghafal maupun mengambil sanad Al Qur’an. Saat ini ada lebih dari 300 warga sekitar  yang belajar Al Qur’an di Masjid Az-Zuhdi. Selain itu, di Masjid Az-Zuhdi juga terdapat program pembinaan khusus untuk para guru Al Qur’an yang berasal dari perbagai lembaga, sekolah, dan pesantren Al Qur’an.

Masyarakat di sekitar Masjid Az-Zuhdi mayoritas adalah masyarakat yang masih sangat awwam terhadap agama dan secara ekonomi mayoritasnya adalah kalangan yang tidak mampu. Karena kondisi ini, sehingga di momen Idul Adha di wilayah ini sangat jarang yang berkurban, dan jika ada biasanya hanya beberapa ekor kambing saja. Bahkan menurut keterangan warga setempat seumur-umur mereka di sana sebelumnya belum pernah ada kurban sapi di sana.

Alhamdulillah, pada momen Idul Adha tahun lalu (1443 H/ 2022 M)  Masjid Az-Zuhdi telah mengadakan penyembelihan dan penyaluran hewan Qur’ban yang terdiri dari tiga ekor sapi dan sebelas ekor kambing yang merupakan titipan para pengkurban dari berbagai wilayah di Indonesia. Daging Qurban tersebut didistribusikan kepada warga sekitar Masjid Az-Zuhdi yang meliputi tiga RT  sebanyak lebih dari 500 kantong.

Penyembelihan sapi oleh jagal profesional

Penyembelihan kambing

proses pencacahan oleh warga setempat

pengemasan daging untuk dibagikan kepada warga setempat dengan cara diantarkan ke rumah masing-masing

Maka dari itu, Kami kembali mengajak kaum muslimin dan muslimat di mana pun berada untuk menyalurkan hewan Qurbannya melalui  Masjid & Pusat Belajar Al Qur’an Az-Zuhdi.

Panitia menerima penyerahan dalam bentuk uang untuk dibelikan hewan Qurban, dengan rincian sebagai berikut:

Patungan Sapi: Rp. 3.300.000, –

Kambing : Mulai Rp. 3.500.000, – atau sesuai budget pengurban

Satu ekor sapi: Sesuai budget pengurban

Harga di atas sudah termasuk biaya potong dan operasional. Pembayaran bisa ditransfer melalui Rekening Bank Syariah Indonesia (BSI)  713-998-9877 a.n. Yayasan Visi Global Indonesia. (Kode BSI: 451)

Panitia juga menerima  penyerahan dalam bentuk hewan qurban langsung ke Masjid Az-Zuhdi (Penyerahan berupa hewan pada H-1)

Proses penyembelihan Insya Allah akan dilaksanakan pada hari pertama Idul Adha ( 10 Dzulhijjah) di halaman masjid Az-Zuhdi, dan akan didistribusikan ke warga Kp. Cipicung di sekitar Masjid Az-Zuhdi. Panitia akan mengirimkan dokumentasi berupa video dan foto secara real time kepada para kengkurban yang tidak dapat menyaksikan secara langsung penyembelihan hewan qurbannya.

Dengan berkurban melalui Masjid & Pusat Belajar Al Qur’an Az-Zuhdi, maka bapak dan ibu sekalian telah membantu program dakwah masjid Az-Zuhdi dan membantu menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap masjid serta mendukung semangat mereka untuk terus belajar Al Qur’an.

Untuk informasi dan konfirmasi bisa menghubungi:

Bpk. Nelan 085719000530 (Bagian Penerimaan)
Ustadz Arham 081330106567 (Ketua DKM)

Update penerimaan Qurban 1444 H per tanggal 12 Juni 2023: 4 Ekor Sapi & 3 ekor kambing

Insya Allah proses penyembelihan hewan Qurban akan kita laksanakan pada hari pertama Idul Adha (sesuai ketetapan pemerintah) Kamis 29 Juni 2023 mulai jam 8 pagi.

SebelumnyaQurban di Masjid & Pusat Belajar Al Qur'an Az-Zuhdi

Berita Lainnya

0 Komentar