SEKILAS INFO
  • 1 tahun yang lalu / Infaq Rek. BSM. 713-998-9877 a.n Yayasan Visi Global Indonesia
WAKTU :

DONASI PERLUASAN MASJID DAN PUSAT BELAJAR AL QUR’AN AZ-ZUHDI

Terbit 20 January 2021 | Oleh : arhamysn | Kategori : Uncategorized
DONASI PERLUASAN MASJID DAN PUSAT BELAJAR AL QUR’AN AZ-ZUHDI

 

Masjid dan Pusat belajar Al Qur’an Az-Zuhdi terletak di Kp. Cipicung, Desa Mekarsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Berdiri di atas tanah wakaf seluas kurang lebih 256 meter persegi.

Pendirian Masjid dan Pusat belajar Al Qur’an Az-Zuhdi bemula dari adanya program belajar Al Qur’an untuk masyarakat Kp. Cipicung (anak-anak, remaja, dan dewasa) yang sudah berjalan di rumah Ustadz Arham Ahmad Yasin, Lc., MH., Al Hafidh (saat ini beliau diamanahi sebagai ketua DKM Az-Zuhdi). Di samping progam untuk masyarakat, banyak juga para santri, pembina, dan pimpinan sekolah dan pesantren Al Qur’an yang belajar di rumah Ustadz Arham.

Di saat rumah Ustadz Arham sudah tidak menampung lagi, – Alhamdulillah – dengan adanya tanah wakaf dan donasi dari bebagai pihak serta dukungan dari para tokoh masyarakat  dan pemerintah desa Mekarsari, pada Hari Ahad tgl 14 Juni 2020/ 22 Syawwal 1441 H mulai proses pembagunan masjid hingga selesai selama kurang lebih empat bulan. Pada hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2020/ 14 Rabiul Awwal 1442 H masjid diresmikan oleh Kepala Desa Mekarsari Bapak H. Imron Rosadi, dan sejak saat itu Masjid dan Pusat belajar Al Qur’an Az-Zuhdi mulai aktif digunakan.

Ketika masjid sudah aktif digunakan, ternyata antusias masyarakat untuk sholat berjamaah, belajar Al Qur’an, mengikuti berbagai kegiatan masjid semakin tinggi. Saat ini masjid yang berukuran 12,5 x 11,5 meter ini sudah sering tidak menampung jamaah shalat fardlu (terutama shalat maghrib dan isya’), demikian dengan acara kajian-kajian yang diselenggarakan oleh masjid.

Untuk program belajar Al Qur’an, saat ini anak-anak Kp. Cipicung yang belajar mengaji di masjid Az Zuhdi tercatat ada lebih dari 85 anak. Demikian juga dengan bapak-bapak, ibu-ibu, dan remajanya juga ada lebih dari 90 orang yang belajar mengaji di Masjid Az-Zuhdi, mulai yang dari nol hingga yang ingin memperbaiki bacaan Al Qur’annya.

Kp. Cipicung sebelumnya dikenal dengan “zona hitam” yang identik dengan praktek kesyirikan, klenik, sesajen, dan berbagai kemaksiatan (seperti mabuk dan judi). Mayoritas masyarakat sangat awwam dengan agama, tidak bisa sholat, apalagi membaca Al Qur’an. Secara ekonomi, mayoritas masyarakat adalah dari kalangan tidak mampu. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kades Mekarsari Bpk. H. Imron Rosadi kepada DKM Az-Zuhdi, sekaligus beliau berpesan kepada DKM Az-Zuhdi untuk membina masyarakat Kp. Cipicung perlahan-lahan dari nol, dari alif-alif, mengingat kondisi sebelumnya yang seperti itu.

Bahkan saat meresmikan Masjid dan Pusat Belajar Al Qur’an Az-Zuhdi, Kades Mekarsari mengungkapkan  : “Keberadaan Masjid ini serasa mimpi bagi saya, tidak terbayang sebelumnya tiba-tiba ada masjid yang indah dan ramai di tempat ini.” sebagai ekspresi kegembiraan yang luar biasa dari Beliau.

Selain itu, hampir setiap hari di masjid Az-Zuhdi juga ada pelatihan guru-guru Al Qur’an dari berbagai sekolah dan pondok pesantren. Banyak juga permintaan dari berbagai daerah yang yang ingin menitipkan anaknya untuk fokus menghafal Al Qur’an di Masjid dan Pusat belajar Al Qur’an Az-Zuhdi. Namun permintaan ini belum dapat terpenuhi dikarenakan belum adanya tempat untuk menginap bagi santri.

Berdasarkan kondisi-kondisi di atas, maka saat ini sangat diperlukan perluasan masjid dan pembangunan asrama santri. Total anggaran yang diperlukan untuk keperluan perluasan masjid dan pembangunan asrama santri tersebut sebesar RP. 445.900.000, – (Tiga ratus sembilan puluh satu juta seratus ribu rupiah.)

Mari bersama menjadi bagian dari pahala jariyah ini dengan turut serta mewujudkan Kp. Cipicung menjadi pusat belajar Al Qur’an bagi warga sekitar, para santri, dan guru-guru AL Qur’an yang – Insya Allah – cahaya Qur’annya juga akan bersinar hingga ke berbagai penjuru tanah air..

Donasi dapat disalurkan melalui:

Rekening BSI 713-998-9877  a.n. Yayasan Visi Global Indonesia  (kode BSI 451).

Konfirmasi:  0813-3010-6567 (Ketua DKM Az-Zuhdi)  atau 0882-1440-7240 (Humas Masjid Az-Zuhdi)

Up date donasi yang sudah masuk (per tanggal 12 Agustus 2022 ) : Rp. 419.474.631, –  (93,5 %) dari Total anggaran RP. 445.900.000,- (Sisa kebutuhan Rp. 26.425.369, – ). Dana yang sudah masuk telah dipergunakan untuk perluasan masjid Tahap 1 sebesar Rp. 141.200.000,- , tahap 2 sebesar Rp. 225.000.000, – , dan tahap 3 sebesar Rp. 51.000.000 saldo tersisa saat ini sebesar Rp. 2.274.631, – )

(Laporan donasi masuk akan kami update setiap pekan sekali)

Rencana peembangunan tahap 1 (Perluasan Masjid)

Rencana Pembangunan Tahap 2 (Pembangunan Asrama)

Proses pembangunan pondasi dan cor kolom & tiang..

Persiapan cor dak tempat wudhu & toilet wanita
Pemasangan Granit Bagian depan masjid
Pemasangan atap (sementara) bagian samping masjid..
Pemasangan Kanopi bagian depan masjid
Persiapan cor dak lantai dua
Proses cor dak lantai dua
Pengecoran dak atap lantai 2
Pemasangan dinding rooftop (lantai 3)
SebelumnyaJadwal Pengajian Rutin SesudahnyaQurban di Masjid & Pusat Belajar Al Qur'an Az-Zuhdi

Berita Lainnya

1 Komentar

62811945222 – DARI WA, Wednesday, 27 Jan 2021

[…] DONASI PERLUASAN MASJID DAN PUSAT BELAJAR AL QUR’AN AZ-ZUHDI […]

Reply